Teknologi Akses Internet

Perkembangan teknologi internet pada saat ini terus terjadi dan semakin berkembang, kita tidak bisa melawannya, sekarang  ini terdapat beberapa jaringan sosial seperti facebook, twitter, blog, dan para penggunanya terus meningkat dengan seiring waktu. Bisa dikatakan kita juga dapat ketergantungan oleh internet contohnya saja, semua informasi yang kita perlukan lebih cepat dan lengkap dengan mengakses melalui internet.

Internet adalah interconnected-networking, suatu rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Internet terdapat dalam suatu sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet sedangkan cara menghubungkan rangkaian ini dinamakan internetworking.


Pilihan Akses Internet

  • GPRS

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Untuk melakukan setting GPRS pada ponsel tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3, dll) yang digunakan dan biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.

  • Digital Subscriber Line

Digital Subscriber Line (DSL) mengacu pada teknologi transmisi kabel transmisi data melalui kabel tembaga atau tepatnya saluran telepon. Memiliki 2 jenis, Asymmetrical Digital Subscriber Line (ADSL) dan Symmetrical Digital Subscriber Line (SDSL). Yang pertama digunakan oleh orang-orang yang mengambil koneksi internet di rumah, menerima banyak data, meskipun tidak mengirim banyak. Yang terakhir ini lebih cocok untuk hal-hal yang berhubungan dengan bisnis seperti video conferencing dan seterusnya. SDSL dalam bentuk yang lebih cepat termasuk High-Data-Rate Digital Subscriber Line (HDSL) dan Very High-Data-Rate Digital Subscriber Line (VDSL).

  • Koneksi Dial-Up

Untuk mengakses internet dengan koneksi Dial-Up, menggunakan 2 perangkat tambahan yang diperlukan, yaitu saluran telepon dan modem.Ada 2 macam jenis modem, yaitu modem Internal dan modem Eksternal. Modem dibutuhkan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar dapat dikirim melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital agar dimengerti komputer. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan byte per second (Bps) atau byte per detik. Pada umumnya, kecepatan transfer data modem yang ada di pasaran adalah 56 Kbps (Kilo Bytes Per Second).  Sedangkan saluran telepon dibutuhkan untuk menghubungkan komputer kita dengan ISP yang digunakan. Selanjutnya, ISP tersebut akan meneruskan koneksi kita ke Internet.

  • Wireless

Mungkin ini adalah solusi untuk masalah broadband tanpa telepon. Broadband nirkabel datang dalam bentuk Wi Fi, yaitu kesetiaan nirkabel. Jenis internet nirkabel adalah campuran, teknologi jarak pendek dan banyak kali digunakan bersama dengan DSL atau modem kabel, untuk konektivitas antara perangkat di dalam rumah atau bisnis dengan internet. Seperti disebutkan sebelumnya, ini paling cocok untuk daerah terpencil dan daerah dengan populasi rendah, di mana meletakkan jaringan kawat tidak ekonomis. Jadi pada dasarnya untuk broadband tanpa saluran telepon, Anda memerlukan konektivitas wifi ini yang menyediakan internet dengan cara menggunakan hubungan radio antara penyedia layanan dan lokasi pelanggan. Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda mendapatkan koneksi ini dan solusi untuk akses internet tanpa saluran telepon.

  • Kabel Modem

Ini adalah perangkat eksternal memiliki 2 koneksi. Salah satunya adalah kabel stopkontak di dinding dan yang lain ke komputer. Ini adalah teknologi yang relatif baru dimana kabel coaxial digunakan untuk mengirim gambar dan suara ke tv Anda yang difasilitasi oleh kabel modem untuk memberikan koneksi internet broadband juga. Jaringan kabel data menggabungkan elemen yang penting untuk kemajuan teknologi modem yang akan datang dan menyediakan beberapa keuntungan seperti kerahasiaan, keamanan, jaringan data, akses internet dan ciri quality-of-service.

  • High Speed Downlink Packet Access (HSDPA)

HSDPA merupakan Evolusi WCDMA dari Ericsson. HSDPA merupakan protokol tambahan pada sistem WCDMA (wideband CDMA) yang mampu mentransmisikan data berkecepatan tinggi. HSDPA fase pertama berkapasitas 4,1 Mbps. Kemudian menyusul fase 2 berkapasitas 11 Mbps dan kapsitas maksimal downlink peak data rate hingga mencapai 14 Mbit/s.Kecepatan jaringan HSDPA di lingkungan perumahan dapat melakukan download data berkecepatan 3,7 Mbps. Seorang yang sedang berkendaraan di jalan tol berkecepatan 100 km/jam dapat mengakses internet berkecepatan 1,2 Mbps. Sementara itu, pengguna di lingkungan perkantoran yang padat tetap masih dapat menikmati streaming video meskipun hanya memperoleh 300 Kbps. Kelebihan HSDPA adalah mengurangi keterlambatan (delay) dan memberikan respon yang lebih cepat saat pengguna menggunakan aplikasi interaktif seperti mobile office atau akses Internet kecepatan tinggi, yang dapat disertai pula dengan fasilitas gaming atau download audio dan video. Kelebihan lain HSDPA, meningkatkan kapasitas sistim tanpa memerlukan spektrum frekuensi tambahan, sehingga pasti akan mengurangi biaya layanan mobile data secara signifikan.

  • Fiber Optic Kabel

Ini sangat cepat dalam mentransfer data dan bahkan melampaui tingkat transmisi data dengan metode DSL. Seperti namanya, di sini data ditransmisikan dengan bantuan kabel serat optik dan menyediakan internet kecepatan tinggi.


Jadi internet itu ada dua sisi seperti koin mata uang ada sisi positif dan negatifnya, tinggal kita menggunakan teknologi ini dengan sebaik mungkin untuk kemajuan suatu bangsa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: