Agen Penjaga Rumah dan Penghibur yang Pintar

Agen ini diciptakan tak hanya untuk meringankan pekerjaan manusia. Fungsi penjaga dari hari ke hari  kian beragam, mulai dari pengurus rumah hingga menemani dan menghibur pemiliknya yang kesepian.

Selain itu  rumah yang sering ditinggal oleh pemiliknya pergi dapat terjadinya musibah seperti pencurian, kebakaran, dan lain sebagainya. Oleh karena itu agen ini sangat bermanfaat bagi pemilik rumah selain cerdas dapat juga meneliti hal – hal kecil yang kita lupakan sehingga terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.


Berikut ini adalah perancangan dari Agen Penjaga Rumah :

1.    Agent Type : Penjaga Rumah

2.    Percepts : Kamera, GPS, Monitor, Sensor Infared, Microphone, Speaker, Keyboard, Baterai  yang dapat di isi ulang.

3.    Actions : Dapat berkomunikasi dengan manusia, mendeteksi kebocoran gas. Jika terjadi sesuatu dan tidak ada seorang pun dirumah, agen penjaga rumah akan mengontak si pemilik rumah melalui SMS atau email.

4.    Goal : Membantu menjaga rumah dan pemiliknya yang memiliki ketelitian sehingga menciptakan keamanan dan kenyamanan.

5.    Environment : Rumah, Pemilik rumah.


Penjelasan :

Sebuah agen penjaga rumah yang bisa berbicara, mengirim SMS, dan melapor ke pihak berwajib jika terjadi hal berbahaya di dalam rumah.
Pada tubuhnya terdapat sensor lingkungan yang mendeteksi kebocoran gas. Jika terjadi sesuatu dan tidak ada seorang pun dirumah, agen penjaga rumah akan mengontak si pemilik rumah melalui SMS atau email.
Agen tersebut, dapat beroperasi selama delapan jam setelah baterainya diisi ulang selama dua jam. Konsumsi daya listriknya pun hemat, lebih kecil dari konsumsi listrik komputer rumah.
Agen yang penampilannya memiliki tinggi 80 cm dan berat 25 kg. Bentuk tubuhnya yang tak terlalu bongsor, memudahkannya bergerak bebas di dalam rumah menggunakan roda. Dengan bantuan sensor, agen ini pun lihai menghindari hambatan atau perabot rumah tangga yang ditemuinya saat berjalan.
Si penjaga rumah pintar ini juga menyayangi lansia. Dia bisa diandalkan untuk merawat dan menghibur mereka. Para lansia tak akan merasa kesepian karena pandai berinteaksi dan mengajak lansia mengobrol.
Layar besar dan kamera pada tubuh agen ini berfungsi untuk mengecek kesehatan lansia secara rutin. Tambahan lainnya, akan mengajak lansia atau pasien yang sedang sakit, bermain game interaktif untuk melatih kebugaran fisik dan mental mereka.


Beberapa tolak ukur keberhasilan dari agen penjaga rumah ini adalah :

a.    Pintar menjaga rumah

b.    Dapat mendeteksi orang asing yang mencurigakan

c.    Mengatasi permasalahan yang terjadi di saat penghuni tidak berada dirumah

d.    Memberikan kenyamanan dan keamanan di rumah


Linkungan beroperasinya agen penjaga rumah ini adalah di dalam lingkungan rumah pemiliknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: