Kinerja Komputasi dengan Paralel Processing

Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek, seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya.

Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan baik dalam komputer dengan satu (prosesor tunggal) ataupun banyak (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU. Tujuan utama dari pemrograman paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.
Komputasi paralel membutuhkan:
· algoritma
· bahasa pemrograman
· compiler

Paralel Processing Komputasi

Paralel processing komputasi adalah proses atau pekerjaan komputasi di komputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan. Secara umum komputasi paralel diperlukan untuk meningkatkan kecepatan komputasi bila dibandingkan dengan pemakaian komputasi pada komputer tunggal. Penggunaan komputasi parallel prosessing merupakan pilihan yang cukup handal untuk saat ini untuk pengolahan data yang besar dan banyak. Yang mempunyai tujuan untuk dapat mempercepat dalam hal mengatasi suatu permasalahan. Parallel processing berbeda dengan multitasking, yaitu satu CPU mengeksekusi beberapa program sekaligus. Parallel processing disebut juga parallel computing.

Terdapat beberapa konfigurasi yang harus dilakukan dalam penggunaan parallel processing yaitu :

  • Perangkat keras komputer diharuskan melakukan penyetinggan dengan sistem shared memory.
  • Melakukan penyetinggan processor yang memiliki memory masing-masing.
  • Melakukan beberapa / banyak processor yang terhubung ke dalam suatu jaringan untuk melakukan pekerjaan yang sama dengan cara simultan yaitu bersama-sama.

Aspek keamanan merupakan suatu aspek penting dalam sistem parallel prosessing komputasi ini, karena didalam sistem akan banyak berkaitan dengan akses data, hak pengguna, keamanan data, keamanan jaringan terhadap peyerangan sesorang atau bahkan virus sehingga akan menghambat kinerja dari system komputasi ini. Didalam makalah ini akan memamparkan bagaimana sistem komputasi parallel ini pada  suatu PC Cluster sehingga menjadi suatu sistem komputasi yang aman sehingga dapat meningkatkan performa dari komputasi.

Implementasi untuk parallel komputasi ini telah dilakukan di lab dengan PC Clutster  dengan menggunakan 1 buah master node dan 7 buah slave node, dimana system yang digunakan adalah diskless dengan menggunakan switch hub 1Gbps sebagai konsentrator dan dengan menerapkan aspek keamanan.

Setelah ditemukannya teknik parallel processing, komputasi pun berkembang ke sebuah proses komputasi baru yaitu proses komputasi parallel.

Parallel Komputasi

Parallel komputasi adalah melakukan perhitungan komputasi dengan menggunakan 2 atau lebih CPU/Processor dalam suatu komputer yang sama atau komputer yang berbeda dimana dalam hal ini setiap instruksi dibagi kedalam beberapa instruksi kemudian dikirim ke processor yang terlibat komputasi dan dilakukan secara bersamaan. Atau arti dalam kata lain adalah sebagai sebuah proses untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang memerlukan infrastuktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer dengan pemrosesan secara parallel dan dihubungkan melalui sebuah jaringan. Dalam hal pemrosesan komputasi yaitu sesuai dengan tujuan parallel processing maka dapat dipastikan bahwa parallel processing merupakan salah satu upaya untuk mempercepat proses komputasi dalam memecahkan suatu permasalahan dengan cara membagai-bagi permasalahan menjadi bagian yang lebih kecil. Untuk proses pembagian proses komputasi tersebut dilakukan oleh suatu software yang betugas untuk mengatur komputasi dalam hal makalah ini akan digunakanMessage Parsing Interface (MPI).

Berikut ini adalah gambar perbedaan antara komputasi tunggal dengan parallel komputasi :

a.         Komputasi Tunggal/serial

b.         Komputasi Parallel

 

Sumber :
http://www.scribd.com/doc/40938360/Makalah-Arkom-Paralel-Processing

Leave a comment